10 Mitos Teknologi Umum, Terbantah Di Tahun 2020

10 Mitos Teknologi Umum, Terbantah Di Tahun 2020 – Sebagai penggemar teknologi, saya biasanya orang pertama yang teman dan keluarga saya gunakan untuk pertanyaan dan masalah terkait teknologi mereka. Dan sering kali, mereka mengatakan kepada saya fakta yang salah tentang teknologi yang benar-benar membuat saya merasa kasihan kepada mereka.

Teknologi harus disederhanakan, dan beberapa mitos tidak boleh menghalangi siapa pun untuk mengambil keuntungan penuh dari perangkat mereka. Untuk membantu semua orang memanfaatkan teknologi dengan lebih baik, saya akan menyanggah 10 mitos teknologi paling umum dan membuktikan bahwa mereka salah.

1. Tombol Refresh mempercepat Windows
Mengklik tombol Refresh di Windows membuat PC menyegarkan dan menghaluskan semuanya. Karena itu, PC menjadi lebih cepat (atau segar, dengan kata sederhana).

Membongkar mitos.
Tombol Refresh memiliki pekerjaan yang sama sekali berbeda. Seharusnya memperbaiki kesalahan dan gangguan, bukan untuk mempercepat PC. Mari kita jelajahi secara detail:

Apa yang dilakukan tombol Refresh?
Tombol Refresh cukup mengecat ulang semua ikon di desktop atau jendela penjelajah dan memutakhirkannya ke perubahan terbaru. Dalam penggunaan normal, fitur ini tidak berguna.

Namun, fitur tersebut masih ada bahkan di Windows 10 karena kadang-kadang karena gangguan beberapa perubahan mungkin tidak memperbarui dalam pandangan Anda meskipun perubahan diterapkan. Jadi, tombol Refresh hanya memperbarui ikon untuk perubahan terbaru.
Misalnya, Anda dapat mengganti nama folder tetapi nama itu tidak diterapkan, atau Anda dapat mengubah ukuran gambar tetapi detail gambar masih menunjukkan ukuran yang lama. Dalam kasus seperti itu, tombol Refresh akan memperbaikinya.

Mengapa PC Anda tampak lebih cepat saat Anda menyegarkan?

Sekarang Anda akan berpendapat bahwa “Saya benar-benar memperhatikan hal-hal yang lancar ketika saya menyegarkan PC saya, mengapa begitu?”. Ya, setelah menyegarkan Anda mungkin memperhatikan bahwa PC Anda yang macet tampaknya berfungsi lebih lancar. Namun, sudah waktunya untuk menyegarkan PC yang memperbaiki PC yang lambat, bukan tombol menyegarkan itu sendiri.

Setiap kali Anda berpindah dari satu jendela ke jendela lain, Windows (atau OS lainnya) perlu bertukar data antara RAM dan pagefile yang menyebabkan 1-2 detik melambat (tidak berlaku untuk pengguna SSD). Alih-alih menyegarkan, bahkan jika Anda menunggu 1-2 detik PC Anda akan tetap lancar. Anda dapat membaca artikel saya tentang cara kerja alat pembersih RAM untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja RAM dan pagefile.

Sisi buruk menggunakan tombol Refresh.
Alih-alih mempercepat, menyegarkan PC justru memperlambat proses dan memaksa PC Anda untuk melakukan lebih banyak pekerjaan. Pengecatan ulang semua ikon membutuhkan sumber daya CPU yang baik. Saat Anda akan menyegarkan, PC Anda harus mengalokasikan sumber daya PC ke proses tanpa alasan, yang dapat memperlambat proses Anda yang lain.

Pada tangkapan layar di bawah ini, saya telah menekan tombol Refresh (pintasan F5) beberapa kali dan Anda dapat melihat bahwa penggunaan CPU saya naik hingga 76% (juga naik hingga 100%). Sekarang, apakah Anda benar-benar ingin sumber daya CPU dalam jumlah besar digunakan tanpa hasil?

2. Jangan pernah menggunakan telepon saat mengisi daya
Menggunakan ponsel Anda saat pengisian daya memungkinkannya meledak di tangan Anda yang mengarah ke cedera serius atau bahkan kematian.

Membongkar mitos
Ponsel memiliki kecenderungan meledak yang sangat kecil dan itu hanya terjadi ketika Anda menggunakan pengisi daya yang salah atau ada masalah dengan ponsel dari ujung pabrikan, seperti masalah pada Samsung Note 7. Proses pengisian daya saat menggunakan ponsel tidak memiliki koneksi. dengan itu meledak jika pengisi daya dan telepon baik-baik saja.

Yang terburuk yang bisa terjadi saat pengisian daya adalah ponsel Anda lebih panas dari biasanya, dan dalam jangka panjang, komponen ponsel mungkin lebih cepat aus. Jika ponsel Anda memanas hingga titik yang memprihatinkan, maka Anda harus khawatir tentang charger yang salah atau baterai yang aus. Jangan pernah menggunakan telepon yang memanas sampai membuat Anda tidak nyaman memegangnya di tangan Anda. Panas adalah penyebab utama ledakan telepon.

3. Gunakan pengisi daya pabrik telepon saja
Anda hanya boleh menggunakan pengisi daya telepon pabrikan atau pengisi daya pihak ketiga yang diotorisasi oleh pabrikan ponsel. Jika tidak, baterai Anda mungkin rusak atau telepon dapat meledak.

Membongkar mitos
Menggunakan pengisi daya pabrik telepon Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak menggunakan pengisi daya yang buruk yang dapat merusak telepon Anda. Namun, ini tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan pengisi daya lain yang didukung.

Intinya adalah jangan menggunakan pengisi daya palsu yang murah, yang mungkin memiliki sirkuit dan kabel berkualitas rendah. Karena aliran arus yang tidak tepat, pengisi daya ini dapat mengurangi masa pakai baterai atau bahkan dapat menyebabkannya meledak.

Anda dapat membeli pengisi daya dari merek populer seperti Belkin, RAVPower dan Anker, dll. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas. Jika daya dan konektor pengisi daya cocok dengan telepon Anda dan itu berasal dari merek yang dapat diandalkan, maka seharusnya tidak ada masalah.

4. Membunuh aplikasi menghemat sumber daya
Saat Anda menutup aplikasi, beberapa prosesnya tetap berjalan. Anda harus menggunakan aplikasi pembunuh tugas untuk sepenuhnya mematikan aplikasi dan menghemat sumber daya.

Membongkar mitos
Ya, ketika Anda menutup aplikasi, ada kemungkinan ia akan menjalankan beberapa proses latar belakang. Misalnya, Baik Facebook dan WhatsApp memiliki proses latar belakang yang terus berjalan untuk membuat Anda diperbarui dengan pesan dan pemberitahuan terbaru. Agar aplikasi berfungsi dengan baik, proses ini diperlukan.

Namun, jika Anda akan mematikan proses tersebut secara paksa, aplikasi yang bersangkutan akan segera memulainya lagi. Pada akhirnya, tidak ada gunanya membunuh proses aplikasi karena itu akan memulai kembali lagi. Yang Anda lakukan adalah memaksa ponsel Anda untuk bekerja lebih keras untuk memulai kembali suatu proses.

Jika Anda ingin menghilangkan proses latar belakang, maka lebih baik menggunakan mode penghemat baterai bawaan ponsel Anda. Mode penghemat baterai menonaktifkan semua jenis sinkronisasi aplikasi dan membunuh sebagian besar proses latar belakang ini sekaligus mencegahnya untuk memulai kembali.

5. Sinyal seluler penuh berarti layanan jaringan terbaik
Jika Anda melihat sinyal penuh pada ponsel Anda, maka Anda mendapatkan layanan jaringan terbaik dan kecepatan transfer data yang optimal.

Membongkar mitos
Sering kali kita melihat sinyal penuh pada ponsel kita, tetapi kita masih mendapatkan kecepatan internet yang lebih lambat dan gangguan panggilan. Sinyal penuh tidak selalu berarti Anda mendapatkan layanan jaringan terbaik.

Sinyal pada ponsel Anda menunjukkan kekuatan sinyal yang Anda terima dari menara sel terdekat. Itu tidak mewakili kekuatan jaringan dan kecepatan transfer data. Jika terlalu banyak orang yang terhubung ke menara sel, maka Anda mungkin akan menghadapi masalah jaringan meskipun kekuatan sinyal seluler Anda penuh.

Jika Anda menghadapi masalah jaringan dengan sinyal penuh, maka Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Open Signal untuk memilih menara yang kurang padat.

6. Lebih banyak RAM berarti lebih banyak kecepatan PC
Semakin tinggi RAM, semakin cepat PC Anda akan berjalan.

Membongkar mitos
Saya telah menghabiskan seluruh masa remaja saya untuk mendapatkan PC dengan RAM tertinggi, tetapi berakhir dengan wajah ketika saya menemukan kebenaran. RAM pada dasarnya tidak lebih dari ruang penyimpanan sementara super cepat tempat program Anda saat ini berada.

Meningkatkan total RAM hanya akan membantu Anda membuka lebih banyak program secara bersamaan. Meningkatkan RAM hanya berguna ketika jumlah RAM Anda saat ini tidak dapat menangani penggunaan PC Anda. Misalnya, Anda memiliki 2GB RAM tetapi Anda biasanya membuka beberapa program yang mengambil alih 3GB RAM. Dalam hal ini, PC Anda akan sangat lambat karena harus memindahkan proses ke HDD / SSD yang lebih lambat untuk mencegah shutdown.

Untuk mempercepat PC Anda, Anda dapat meningkatkan RAM hingga 4GB dan semuanya akan berjalan lancar. Namun, bahkan jika Anda meningkatkan RAM ke 8GB, peningkatan kecepatan masih akan sama dengan 4GB.

Jika Anda tertarik pada kecepatan Bandarq online terpercaya, maka lebih baik untuk meningkatkan RAM ke jenis RAM yang lebih cepat, seperti DDR3 atau DDR4. RAM yang lebih cepat menawarkan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, sehingga program yang berjalan dalam RAM juga akan memproses lebih cepat. Berikut ini adalah panduan cepat untuk membedakan berbagai jenis RAM.

7. Wajib untuk melepas USB dengan aman
Adalah wajib untuk pertama kali mengklik tombol “Safely remove USB” di taskbar dan kemudian secara fisik menghapus USB. Jika tidak, data Anda akan rusak atau perubahan tidak akan disimpan.

Membongkar mitos
Selama Anda tidak membaca atau menulis data ke drive USB, tidak ada masalah dalam menariknya tanpa ampun. Ketika Anda mengklik tombol “Safely remove hardware”, OS hanya memastikan tidak ada data aktif yang ditransfer dan semua perubahan diterapkan.

Konfirmasi ini tidak diperlukan karena 0,5 detik adalah penundaan maksimum yang dapat terjadi sebelum perubahan apa pun pada USB diterapkan dengan benar. Jadi jika Anda menunggu hanya 0,5 detik setelah melakukan perubahan, Anda dapat dengan bebas melepas drive USB tanpa merusak data Anda.

Bahkan keterlambatan 0,5 detik ini hanya terjadi ketika Anda telah mengkonfigurasi USB Anda untuk kinerja terbaik di Windows. Secara default, Windows memungkinkan Anda untuk segera menghapus USB saat data ditransfer atau perubahan dilakukan. Berikut cara mengonfigurasi opsi ini di Windows:

  1. Tekan tombol Windows + R dan ketik devmgmt.msc di dialog Run untuk membuka Device Manager.
  2. Di sini perluas Disk drive. Dari daftar, klik kanan pada drive USB Anda dan pilih Properties.
  3. Sekarang di bawah tab Kebijakan Anda akan melihat dua opsi, Penghapusan cepat dan Kinerja yang lebih baik. Pilih yang Anda temukan lebih baik.

8. Antivirus melindungi dari semua virus
Program antivirus dapat menangani semua jenis virus dan akan melindungi Anda bahkan dari ancaman terbaru. Cukup instal antivirus dan Anda aman.

Membongkar mitos
Program antivirus memang membantu melindungi terhadap virus dan malware. Namun, program antivirus tidak dapat membuat PC Anda anti peluru. Anda tidak bisa hanya menginstal program antivirus yang bagus dan mulai mengunduh file yang tidak dikenal berpikir antivirus akan menyelamatkan Anda dari semua jenis virus.

Ada dua ancaman utama yang tidak dapat dilawan oleh antivirus sendirian, virus baru online dan virus yang Anda berikan kendali penuh atas PC. Anda harus mengambil tindakan pencegahan sendiri dalam kasus ini.

Ancaman virus baru
Biasanya, program antivirus memiliki pengetahuan tentang database tetap dari kode dan aktivitas berbahaya yang diketahui. Jika ada file atau aplikasi yang ditemukan berbahaya, antivirus menghentikannya. Namun, untuk banyak virus baru, antivirus harus tahu dulu dan kemudian menghentikannya dari mempengaruhi semua penggunanya.

Jadi begitu virus telah menyebabkan malapetaka yang cukup untuk berada di bawah radar program antivirus, baru mereka dapat melakukan sesuatu untuk itu.

Sekarang pertanyaannya tetap, “bagaimana jika Anda adalah salah satu korban virus sebelum diidentifikasi?”. Sepanjang sejarah, virus telah menyerang jutaan komputer. Namun, mengikuti langkah-langkah dasar keamanan internet seharusnya membuat Anda tetap aman dalam banyak kasus, tetapi tidak ada perlindungan anti peluru terhadap virus baru.

Virus yang Anda instal di root sistem

Jika Anda suka mengunduh barang berbayar secara ilegal secara gratis (torrent), maka antivirus mungkin tidak akan menyelamatkan Anda. Biasanya, program dan file dari sumber yang tidak dapat diandalkan dimuat dengan malware dan virus dan menginstal bersama program asli.

Meskipun antivirus akan dapat menyelamatkan Anda dari banyak dari mereka, tetapi yang lebih kuat yang Anda izinkan dipasang di root OS akan sulit untuk dihilangkan.

Selain itu, bahkan jika antivirus Anda memperingatkan Anda tentang program jahat, Anda masih dapat mengambil risiko jika Anda putus asa untuk program tersebut. Menyingkirkan virus tersebut akan mengharuskan Anda memulihkan sistem atau menghapusnya dari mode Aman. Beberapa mungkin memaksa Anda untuk menghapus semua data yang disimpan dalam proses. Taruhan terbaik Anda adalah menjauh dari sumber yang tidak dapat diandalkan dan mengunduh konten dari sumber yang terpercaya secara hukum.

9. Mengosongkan Recycle Bin secara permanen menghapus file
Untuk menghapus item secara permanen, cukup hapus item dari drive dan kemudian hapus item dari Recycle Bin.

Membongkar mitos
Banyak orang percaya bahwa begitu mereka mengosongkan Recycle Bin, semua data mereka dihapus selamanya. Ini salah. Ketika Anda menghapus data dari Recycle Bin, Windows (atau OS lainnya) cukup menandainya sebagai dihapus dan membebaskan ruang.

Sebenarnya, data itu masih ada dan menunggu untuk ditimpa oleh lebih banyak data. Proses menghapus data secara permanen dan mengisi segmen yang dihapus cukup luas.

Jadi tidak praktis untuk OS apa pun untuk membuat pengguna menunggu terlalu lama untuk hanya menghapus file secara permanen. Data ini (kecuali ditimpa) dapat dengan mudah dipulihkan kembali menggunakan alat pemulihan file seperti Recuva. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses ini dari Tanya Jawab Pengguna Super ini.

Ini hal yang baik karena Anda dapat memulihkan file penting yang terhapus secara tidak sengaja. Tetapi ingat, orang lain juga dapat memulihkan data sensitif Anda yang mungkin Anda anggap dihapus secara permanen.

Untuk menghapus data secara permanen, Anda dapat menggunakan alat penghancur file gratis seperti Eraser. Ini menghapus dan menimpa segmen.

10. Mode penjelajahan pribadi menjaga data tetap pribadi
Jika Anda tidak ingin dilacak atau meninggalkan jejak penjelajahan Anda di mana pun, cukup gunakan jendela browser pribadi / penyamaran.

Membongkar mitos
Setiap kali saya berbicara tentang VPN dan privasi yang mereka tawarkan, selalu ada seseorang yang berpendapat bahwa menggunakan jendela browser pribadi adalah alternatif yang lebih mudah untuk menyembunyikan lagu Anda. Saya tidak khawatir bahwa orang-orang berpikir mode pribadi dapat membuat mereka tidak terlihat, saya khawatir bahwa orang-orang bahkan tidak berhenti sejenak untuk membaca di jendela pribadi itu sendiri bahwa itu tidak akan membuat Anda tidak terlihat.

Maksud saya ini secara harfiah ditulis di jendela pribadi setiap browser yang hanya akan menghapus data yang disimpan secara lokal. Sumber eksternal apa pun masih dapat melacak aktivitas Anda, cukup baca halaman dukungan ini untuk jendela Penyamaran Chrome.

Sumber-sumber eksternal ini termasuk penyedia internet Anda, pengontrol jaringan (di sekolah atau kantor), situs web yang Anda kunjungi, layanan online yang Anda gunakan (seperti Facebook), dan bahkan alat pemantauan eksternal yang dipasang di PC Anda.

VPN masih menjadi pilihan terbaik Anda untuk keamanan dan privasi internet. Hanya percayai jendela pribadi untuk menghapus data yang diatur secara lokal, seperti riwayat, cookie, entri formulir, dan cache, dll.

Untuk menyimpulkan
Ini adalah beberapa mitos teknologi yang sering saya dengar dan membuat hal-hal sedikit menyulitkan bagi pengguna biasa. Saya harus mengakui bahwa terlepas dari mitos # 2, saya benar-benar percaya pada semua mitos itu di beberapa bagian kehidupan saya. Dan mempelajari kebenaran tentang mereka benar-benar membuat kehidupan teknologi saya lebih mudah.